4 Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

Komentar Dinonaktifkan pada 4 Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca
Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

Saat menggunakan smartphone, Anda mungkin kebingungan kenapa kartu SIM tidak terbaca. Hal ini tentunya sangat mengganggu karena semua hal yang ada di smartphone berhubungan dengan kartu tersebut. Oleh sebab itu, segera cek apa saja penyebabnya kemudian mencari tahu solusi terbaiknya.

Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca?

Apakah Anda ingin menggunakan kartu SIM tetapi tidak terdeteksi pada smartphone? Selain akibat posisinya tergeser, sebenarnya masih ada banyak berbagai alasan lainnya sehingga menjadikan penggunaannya terganggu. Di bawah ini selengkapnya: Penyebab Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca

  1. Kuningan pada Kartu Rusak

SIM merupakan sebuah komponen paling penting agar nantinya smartphone dapat Anda gunakan. Baik itu melakukan panggilan telepon, menyimpan data-data, dan lain sebagainya. Apabila bagian kuningan sudah mengalami kerusakan tentu pengguna tidak bisa mengakses penyimpanannya kembali.

Bagian kuningan ini sendiri memang berfungsi sebagai penyimpan data-data pemiliknya. Jika penggunaannya kurang hati-hati dan sering tergesek, maka bisa menyebabkan kartu utamanya semakin sulit terbaca. Hal ini menyebabkan penggunaannya sangat terganggu.

  1. Usia Kartu Sudah Terlalu Lama

Pada dasarnya, setiap benda yang Anda gunakan mempunyai usianya tidak terkecuali kartu SIM. Umumnya apabila sudah melewati masa waktu 3-5 tahun penggunaan, material plastik maupun kuningannya akan tergerus. Hal tersebut bisa jadi penyebab kartunya tidak terbaca.

Terlebih apabila Anda sudah terlalu lama mengabaikan kondisi tersebut sehingga semakin parah. Hal ini dapat menjadikan SIM tidak terbaca dan tidak bisa digunakan kembali. Apabila Anda ingin mengetahui informasi seputar teknologi lainnya cek di https://www.newslinn.com.

  1. Kartu SIM Terlalu Panas

Posisi kartu SIM umumnya berada di daerah rawan panas. Tidak heran jika saat smartphone Anda gunakan secara terus-menerus dapat menyebabkannya mengalami kerusakan. Hal ini juga kerap menjadikannya tidak terbaca oleh perangkat.

Kemudian apabila Anda tidak bisa membaca kartu SIM, maka tentunya mengirim pesan, melakukan panggilan, dan akses penting lainnya akan terganggu. Pasalnya, semua hal tersebut tidak mampu terdeteksi oleh smartphone.

Bagaimana Cara Atasi Kartu SIM Tidak Terbaca?

Apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya di atas, maka sangat penting untuk segera mengatasinya. Pertama, cobalah untuk membersihkan kartu SIM. Hindarkan dari debu-debu yang menempel agar nantinya tidak mengganggu kinerjanya.

Kemudian Anda juga bisa menggantinya dengan kartu lain apabila masih bisa terbaca, maka hal ini menjadi sebuah tanda bahwa SIM sebelumnya rusak. Kemudian apabila ternyata kedua kartunya sama-sama tidak terbaca padahal masih baru maka bisa jadi slot kartunya rusak.

Selanjutnya, Anda bisa memastikan kedua slot kartu SIM. Apabila slot pertama tidak berfungsi cobalah mengganti memasukkannya ke slot kedua. Tentunya, dari berbagai cara tersebut hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan kartunya sebaik mungkin agar tidak mudah rusak.

Itu tadi beberapa alasan kenapa kartu SIM tidak terbaca. Tentunya, masalah ini bisa terjadi akibat berbagai hal sehingga jangan sampai menyepelekannya. Pastikan untuk segera memperbaikinya agar dapat teratasi serta bisa menggunakannya kembali.