5 Tips Cara Mengobati Kucing Mencret Tapi Masih Mau Makan

Comments Off on 5 Tips Cara Mengobati Kucing Mencret Tapi Masih Mau Makan
Cara Mengobati Kucing Mencret Tapi Masih Mau Makan

Kucing yang sedang diare memang harus segera diobati, makanya admin kali ini akan berbagi tentang cara mengobati kucing mencret tapi masih mau makan.

Mencret merupakan gejala yang lazim terjadi pada kucing yang mengalami diare. Ada beberapa kucing yang mengalami penurunan nafsu makan saat mencret, tapi kalau anabulmu masih mau makan maka itu bagus.

Nah kenapa demikian? Simak pembahasannya berikut ini ya.

Cara Mengobati Kucing Mencret Tapi Masih Mau Makan

Cara mengobati kucing mencret tapi masih mau makan bisa dengan memberinya makanan yang biasa ia makan.

Makanan yang tidak biasa dimakan bisa menyebabkan kucing mengalami mencret. Hal ini terjadi sebagai tanda adanya masalah gangguan pencernaan, salah satunya ketika berinteraksi dengan makanan baru.

Selain itu metabolisme tubuh kucing juga berbeda satu sama lain. Beberapa hal yang mempengaruhinya adalah usia kucing, kebersihan lingkungan (kandang, tempat tidur, area makan), dan intoleransi makanan.

Untuk mengetahui penyebabnya dengan pasti kamu dapat membawanya ke dokter hewan sebagai langkah pemeriksaan lanjutan. Namun sebelum itu kamu bisa melakukan cara mengobati kucing mencret tapi masih mau makan melalui beberap hal berikut ini.

Mengganti Dengan Makanan Kebiasaannya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing mencret dapat disebabkan karena berinteraksi dengan makanan baru. Sistem pencernaan kucing bisa saja tidak dapat beradaptasi dengan baik terhadap perubahan makanan itu.

Atau bisa saja makanan baru itu mengandung bahan-bahan yang intoleran untuk kucing sehingga menyebabkan kucing mencret. Maka dari itu kamu bisa mengganti makanan si empus dengan makanan yang ia makan sehari-harinya.

Meletakkan Wadah Minuman Di Tempat Yang Ia Kunjungi

Kucing dengan gangguan sistem pencernaan, baik itu diare atau sembelit, akan mengalami kondisi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Lalu umumnya hal yang perlu dilakukan demi menjaga tubuh kucing tetapi terhidrasi dengan baik adalah dengan banyak memasukkan cairan ke dalam tubuhnya.

Untuk itu kamu perlu memberikannya air putih segar dan bersih agar anabul tercukupi kebutuhan cairannya. Salah satu siasat yang biasa kamu lakukan adalah dengan meletakkan wadah air minum di tempat yang sering ia kunjungi.

Hal ini agar membuat anabul sering minum meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Memberikan Makanan Tinggi Serat Yang Menyehatkan

Tekstur dari kotoran kucing yang mencret seringkali terlalu banyak cairan sehingga tidak padat. Hal ini disebabkan karena makanan yang dimakan kucing bisa jadi rendah serat. Maka dari itu kamu perlu melakukan kombinasi dengan antara memberikan makanan yang biasa dimakan dengan makanan yang tinggi serat.

Makanan yang tinggi akan serat dapat membantu sistem pencernaan untuk memadatkan tinja yang cair. Beberapa makanan yang tinggi serat diantaranya adalah wortel yang dimasak, dedak gandum, bayam, brokoli, kacang hijau, dan selada.

Memberikan Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang ada pada sistem pencernaan kucing. Bakteri baik ini berada pada usus untuk membantu dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Beberapa makanan yang mengandung bakteri baik ini termasuk yoghurt dan tempe.

Memberikan Makanan Gastrointensital

Makanan gastrointensital merupakan makanan yang dikhususkan untuk kucing atau kitten yang memiliki gangguan pencernaan seperti diare.

Pakan ini diformulasikan dengan bahan-bahan tertentu yang diproses sedemikian rupa agar memudahkan usus mencerna makanan. Bahan-bahan yang digunakan memang bukan bertujuan untuk menyembuhkan penyakit mencret tetapi akan sangat membantu kucing yang mengalami gangguan pencernaan.

Nah sekian artikel dari admin tentang tips & trik cara mengobati kucing mencret tapi masih mau makan yang saya dapatkan ilmunya dari https://badilag.id/, Semoga nafsu makan anabul cepat pulih yah.